SUARA PASURUAN  

SMAN 1 Grati menorehkan prestasi di biang kesehatan.

Sekolah pertama di Kabupaten Pasuruan yang menyandang predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri itu menjadi Juara I dalam Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tingkat Kabupaten Pasuruan tahun 2016.

Ariadi Nur Awalukianto, Kepala SMAN I Grati mengatakan, dalam penilaian lomba pihaknya mengacu pada beberapa indikator yang telah ditetapkan. Mulai dari administrasi, delapan indikator PHBS, dokumentasi kegiatan, buku kegiatan, promosi PHBS serta kegiatan inovatif PHBS yang mencakup sepuluh indikator.

“Nah, sekolah yang paling mendekati indikator-indikator itulah yang mendapatkan poin tertinggi dan ditetapkan menjadi pemenang. Jadi, dalam penilaian tersebut sudah ada indikator-indikator penilaiannya, dan alhamdulillah kami yang memenangkan lomba tersebut,” kata Luki, begitu sapaan keseharian Kasek berprestasi itu.

Lebih jauh, dia menerangkan, ada delapan indikator PHBS yang harus dipenuhi setiap sekolah. Yakni mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan memakai sabun, jajan dikantin atau warung sekolah yang sehat dan membuang sampah pada tempatnya.

“Indikator lain yang harus terpenuhi yakni mengikuti kegiatan olahraga disekolah, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap bulan, bebaskan diri mu dari asap rokok, memberantas jentik nyamuk dan indikator terakhir buang air kecil dan air besar di jamban sekolah,” paparnya.

Kedepan, dirinya berharap penerapan PHBS dilingkungan sekolah dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Agar, semakin meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.

“Kita ingin mencetak generasi-generasi muda di sekolah maupun Kabupaten Pasuruan yang pintar dan cerdas. Maka dimulai dari penerapan PHBS yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan sekolah maupun keluarga,” tutupnya. (emil)