Jurusan bahasa singkatnya adalah sebuah wadah bagi mereka yang memiliki minat atau kemampuan lebih, khusunya dalam bidang bahasa dan sastra untuk lebih mendalami serta mengembangkan kemampuan yang mereka miliki. Jurusan ini juga sering disebut Jurusan IBB (Ilmu Bahasa dan Budaya) atau IPB (Ilmu Pendidikan Bahasa). Seperti namanya, mapel (peminatan) yang diajarkan disini kebanyakan tentang bahasa sisanya materi yang berkaitan dengan sosial budaya. Tidak ada yang namanya ekonomi, geografi, biologi, apalagi fisika, kecuali kalau dapet mapel lintas minat mungkin salah satu atau bakal ikut dipelajari juga.
Yang unik dari jurusan ini biasanya di setiap sekolah hanya disediakan satu atau dua kelas untuk jurusan bahasa ini. Jumlah yang sangat sedikit dibandingkan jurusan IPA dan IPS yang biasanya bisa sampai empat bahkan lima kelas di setiap sekolah. Peminat yang sedikit mungkin jadi salah satu penyebabnya.
Jurusan ini hampir selalu dianggap jurusan “buangan” dari anak-anak yang tidak bisa masuk di jurusan IPA dan IPS. Pemikiran dan stigma semacam ini yang perlu diubah. Jangan pernah menganggap jurusan bahasa itu lebih rendah dari jurusan lain apabila kamu hanya tau dari “katanya, katanya, dan katanya”. Kalau kamu menganggap jurusan ini rendah karena pelajaran bahasa itu mudah, tidak penting, itu adalah sebuah kesalahan yang sangat sangat sangat. Karena nyatanya kita setiap hari menggunakan dan membutuhkan kemampuan berbahasa yang baik untuk berbagai hal, baik itu bahasa asing seperti bahasa inggris maupun bahasa Indonesia bahkan bahasa daerah kita sendiri. Jurusan bahasa tidak seburuk yang dikatakan orang-orang.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mapel yang diajarkan di jurusan ini banyak berhubungan dengan bahasa. Sekarang apakah kamu sudah mulai tertarik untuk masuk ke jurusan bahasa ?, kalau iya selanjutnya mari kita membahas bersama mapel (mata pelajaran) peminatan apa aja sih yang ada di jurusan bahasa ini.

1.  Sastra Indonesia/Bahasa dan Sastra Indonesia

Yang pertama adalah Sastra Indonesia. disini kamu akan mempelajari bahasa Indonesia dan berbagai karya sastra ciptaan sastrawan-sastrawan Indonesia seperti, Chairil Anwar, WS. Rendra, dan lainnya. Mulai dari cara penggunaan bahasa, dari yang kiasan seperti peribahasa atau majas hingga yang sesuai EYD dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Mempelajari dan cara membuat cerpen, novel, puisi serta berbagai bentuk karya sastra lainnya. Semuanya akan dipelajari secara mendalam. Selain beberapa hal yang sudah disebutkan sebelumnya, masih ada banyak lagi yang bisa kamu pelajari dan ketahui.

Dengan masuk ke jurusan bahasa, wawasanmu tentang bahasa Indonesia dan terutama sastra-sastra Indonesia tentunya akan semakin luas. Kalo kamu suka menulis, membuat atau membaca puisi, pantun, cerita-cerita bisa novel, cerpen, dongeng, sastra modern-klasik, dan lainnya, mungkin akan sangat menikmati dan menyukai pelajaran ini.
2.  Bahasa Asing
Berikutnya adalah pelajaran bahasa asing. Kalo dijurusan lain bahasa asing yang dipelajari cuma bahasa inggris di jurusan ini hal itu sudah tentu sangat tidak ber.. la... ku.. Bahasa asing merupakan mapel peminatan utama yang diberikan di jurusan bahasa. Ada beberapa bahasa yang biasanya banyak diajarkan di sekolah-sekolah diantaranya, bahasa Jerman, Prancis, Jepang, dan Mandarin.
Setiap sekolah punya pelajaran bahasa asing yang berbeda-beda tergantung dari bahasa apa yang dipilih oleh sekolah tersebut. Bahasa asing disini akan dikenalkan dan diajarkan cara pengucapan dan penulisan yang baik dan benar, terutama yang tidak berhuruf latin seperti bahasa Jepang dan Mandarin. Kalo kamu ingin belajar, bisa dan fasih berbahasa asing maka masuk ke jurusan bahasa bisa dijadikan pilihan utamamu.
Dengan kamu masuk ke jurusan bahasa, kamu bisa memiliki kemampuan berbahasa asing yang lebih baik dan lebih banyak dari teman-temanmu di jurusan lain kalau serius belajarnya. Entah itu kemampuan dalam bahasa Jerman, Jepang, Mandarin, atau Prancis saja. Kalo kamu beruntung kamu bahkan bisa mendapatkan dua mapel bahasa asing sekaligus, tergantung tempat kamu bersekolah.
3.  Antropologi
Terakhir adalah pelajaran yang termasuk dalam rumpun ilmu sosial yaitu antropologi. Lalu mungkin kamu penasaran seperti “sebenarnya apa sih antropologi itu?, aku gak tau,  gak pernah denger kalo di SMA ada antropologi”. Oke bagi kamu yang belum tau sinih biar aku kasih tau. Ini sebagai gambaran aja ya, Antropologi ini secara singkat adalah cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang diri kita yaitu manusia. Mulai dari keanekaragaman sosial, budaya, bahasa, hingga agama yang dianut serta perkembangannya dari masa ke masa. Kira-kira itulah sebagian hal yang akan dipelajari dalam mapel ini di SMA nanti.
Kita manusia sebenarnya punya banyak sisi yang menarik untuk dipelajari dan diketahui salah satunya melalui ilmu antropologi. Antropologi yang dipelajari di SMA secara khusus akan lebih banyak membahas tentang keadaan masyarakat indonesia. Oleh karena itu kamu bisa punya kesempatan untuk lebih mengetahui, memahami, tentang seperti apa manusia Indonesia itu yang sesungguhnya secara luas.